INFORMASI
Grebeg Pancasila
01-06-2012

Pada Jum’at (01/06) seluruh komponen di Kantor Kementerian Agama Kota Blitar mengikuti acara yang betajuk ‘Grebeg Pancasila’. Acara ini digelar setiap setiap tahun pada tanggal 1 Juni. Grebeg Pancasila sendiri sejatinya merupakan Upacara Budaya yang dilakukan untuk Memperingati Hari Lahirnya Pancasila yang di gagas oleh Pemerintah Kota Blitar.

 

Seluruh unsur dan elemen masyarakat serta semua instansi terlibat didalamnya sebagai wujud bahwa Pancasila adalah milik kita semua. Dan termasuk didalamnya adalah Kantor Kementerian Agama yang ikut serta mangayu bagyo mengkoordinir seluruh komunitas lintas agama yang ada di Kota Blitar.

 

Berbaur bersama saudara-saudara kita umat Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu, seluruh warga Kemenag Kota Blitar mengikuti acara itu. Masing-masing komunitas menampilkan ciri khas agamanya. Ada Barongsai, Ogoh-ogoh, dan kekhususan lain yang mencirikan seni agama tertentu.

 

Umat muslim mengikutinya dengan berbusana muslim hitam/putih. Sedangkan seni Islam yang ditampilkan berupa pawai ratusan pelaku-pelaku seni hadrah para santri dari beberapa pondok pesantren dan warga umum.   

 

Diawali dengan upacara di aloon-aloon Kota Blitar, pelaksanaannya dilanjutkan dengan pawai mengarak Lambang Garuda Pancasila dan lima buah sesaji dalam bentuk gunungan lima perlambang sila-sila yang ada dalam Pancasila. Pawai melintasi jalan-jalan protokol dan berakhir di Makam Bung Karno. (moza)